Bagaimana Sukses Sampai menghasilkan Dollar ! Akan Saya Bocorkan Untuk Anda Sekarang !

ADSENSE link unit (728 X 15px) SPACE

Bagaimana Sukses Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sebagai Affiliate Marketer Dari Clickbank Dengan Benar Klik Disini

Rabu, 17 Agustus 2011

Dasar-dasar Tentang Cuka

Posted on 15 August 2011.

Dasar-dasar Tentang Cuka

dasar-dasar cuka

Cuka merupakan salah satu produk pangan fermentasi tertua yang dikenal manusia kecuali minuman anggur dan mungkin sejumlah pangan yang terbuat dari susu. Kata “vinegar” (cuka) berasal dari bahasa Prancis, vin aigre, yang berarti “anggur asam”  sebuah definisi yang tidak mengerutkan kening siapa pun, terutama mereka yang pernah membiarkan sebotol Chardonnay terbuka terlalu lama. Dan seseorang melakukan hal yang persis sama sekitar 10.000 tahun yang lalu.

apa sebenarnya cuka itu ? Sederhananya, ketika udara mencemari sebuah cairan fermentasi, seperti minuman anggur atau bir, terjadilah aktivitas bakteri. Proses ini membantu mencampurkan oksigen dengan alkohol. Hasil akhirnya: asam asetat atau cuka asam.

Vinegar:

1. cairan campuran tidak murni dari asam asetat yang dihasilkan melalui fermentasi yang melebihi tahap alkohol dan digunakan sebagai bahan rempah atau pengawet;

2. masamnya ucapan atau suasana hati, perangai buruk;

3. kegairahan atau semangat hidup.

Cuka dapat dibuat dari jenis buah-buahan apa pun, seperti apel atau anggur, atau apa pun yang mengandung gula. Jenis-jenis cuka berikut ini digolongkan menurut bahan pembuatnya dan cara pembuatannya.

Rangkaian Cuka

Buah anggur, persik, dan BerryMalt Barley atau sereal lain yang tepungnya telah diubah
menjadi maltosaCairan gula, sirup, atau sirup tebuCuka yang disuling atau yang dibuat minuman kerasAlkohol yang dibuat dari produk biji-bijianFermentasi asam dari alkohol sulingan yang dicampur air

Sumber: The Vinegar Insitute.

Perusahaan pembuat cuka berteknologi tinggi mempercepat proses pembuatan cuka. Metodenya adalah dengan menyirkulasikan cairan terfermentasi melalui tangki-tangki besar, mencampurkan banyak udara dan menghasilkan produk dengan cepat. Toh, cuka berkualitas tinggi sering kali tidak melalui proses filtrasi dan pasteurisasi, sehingga “ibu” atau bakterinya akan terbentuk di atas permukaan.

Ibu (mother) atau “ibu cuka” (mother-olvinegar) merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cairan kental yang terbentuk di permukaan jus sari atau jus-jus lainnya, yang mengubahnya menjadi cuka-cuka yang paling bergizi bagi kesehatan. Saat fermentasi berjalan, ibu membentuk sebuah gumpalan atau lapisan di permukaan, seperti coffee latte dengan busa di atas permukaannya.

Sang ibu yang bentuknya mirip busa coffee latte merupakan campuran hidup yang terdiri atas bakteri “baik” dan enzim-enzim. Proses Orleans yang 100% Alami Semakin lambat proses konversi dari anggur menjadi cuka, semakin tinggi kualitas cukanya. Jika Anda mencari cuka bermutu, maka yang Anda cari adalah cuka yang dibuat menggunakan proses Orleans yang tradisional dan 100% alami, yang membutuhkan waktu berminggu-minggu bukan hitungan jam untuk membuat cuka. Para pakar cuka di masa lalu menyempurnakan metode ini pada Abad Pertengahan di Orleans, Prancis.

Cuka terbaik dibuat dari keseluruhan apel yang ditumbuk menjadi bubur, diperas untuk mengeluarkan sarinya, difermentasi dalam tong-tong kayu, dan didiamkan setidaknya enam bulan. Cuka sari apel organik dapat ditemui di toko-toko makanan sehat dan biasanya tidak melalui proses penyaringan. Jenis lainnya dibuat dari mata apel dan kupasan kulit apel, lalu diproses dengan cepat. Beberapa perusahaan, seperti Heinz, mengikuti proses tradisional dengan memeras keseluruhan apel untuk mendapatkan sarinya.

Organik Secara Alami
Dasar-dasar Cuka organik dibuat dari buah-buahan dan biji-bijian yang tidak disemprot insektisida atau pestisida kimiawi. Sebagai gantinya adalah berbagai jenis pengusir serangga dan pupuk alami tanpa bahan kimia, serta mengandung sulfida dalam jumlah yang lebih sedikit. Cuka itu juga bebas dari bahan kimia dan bahan tambahan. Lebih dari itu, cuka alami pun bebas dari pewarna buatan, penambah rasa, atau pengawet.

Walaupun tingkat keasaman dan kandungan gizi cuka cukup beragam, standar resmi di Amerika mewajibkan cuka setidaknya mengandung keasaman sebanyak empat persen atau empat gram asam asetat per 100 sentimeter kubik. Kebanyakan Dasar-dasar cuka mengandung keasaman lima persen. Keasaman ini didefinisikan melalui istilah “grain”, yang merujuk pada jumlah air yang ditambahkan untuk melarutkan cuka. Misalnya, cuka 40 grain adalah cuka dengan keasaman empat persen.

Meski cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi, para pakar kesehatan kini menemukan apa yang telah lama diketahui orang-orang pedesaan di masa lalu: baik cuka sari apel maupun cuka anggur merah memiliki daya penyembuh yang luar biasa.

Petunjuk Kesehatan yang Patut Diingat Bukti-bukti baru menunjukkan bahwa cuka sari apel maupun cuka anggur merah, yang dibuat dari apel dan buah anggur merah di samping jenis cuka sehat lainnya dapat membantu Anda untuk hal berikut.

- Melawan lemak.
- Menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
- Menurunkan tekanan darah.
- Menurunkan risiko serangan jantung.
- Mencegah kanker.
- Memperlambat proses penuaan.

Dalam artikel ini, kami akan memperlihatkan kepada Anda bahwa penggunaan kedua jenis Dasar-dasar cuka bisa menjadi salah satu hal terbaik yang Anda lakukan untuk diri Anda dan kesehatan Anda. Tetapi camkanlah, banyak orang tidak hanya ingin mendapatkan manfaatnya hanya dengan meminum cairan berkhasiat ini. Selain bagus untuk salad, cuka juga merupakan penyedap yang hebat untuk banyak masakan lainnya. Cuka memiliki banyak kegunaan dalam memasak.

Namun, mari kita kembali ke masa lalu. Perhatikanlah bagaimana dan mengapa cuka menjadi salah satu obat alami pertama dan paling berharga di dunia.

Pustaka
Khasiat Cuka Oleh Cal Orey

Foto /Gambar
negerihamesha.blogspot

Kisah Muallaf ” Dr. Antonius Sina Kumanireng
Sejak kecil, saya telah dipersiapkan menjadi calon pendeta yang diharapkan menjadi penyebar agama di kampung halaman. Karena itu, saya pun sejak kecil bekerja sebagai tukang pukul lonceng gereja. Mesk...Daniel Sihombing (Muhammad Rafli)
Karena perilaku saya yang berandalan itulah saya bolakbalik masuk penjara. Pertama, Januari 1988 saya dihukum dua bulan penjara, karena menodong dan dapat 25 gram emas serta uang 350.000 rupiah. Kedua...Kenali Penyakitnya dan bagaimana cara penanggulangannya ( 1 )
Hepatitis infecliosa adalah radang hati yang menular. Disebebkan oleh virus-virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah dihinggapi virus....
Artikel Yang Berhubungan Download Disini

belajar affiliate marketing di www.rahasiasuksesclickbank.com

» Link to this page:

» Link to Home Page:

0 Responses: Dasar-dasar Tentang Cuka

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.