Bagaimana Sukses Sampai menghasilkan Dollar ! Akan Saya Bocorkan Untuk Anda Sekarang !

ADSENSE link unit (728 X 15px) SPACE

Bagaimana Sukses Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sebagai Affiliate Marketer Dari Clickbank Dengan Benar Klik Disini

Sabtu, 10 September 2011

Status Gunung Lokon dievaluasi sebulan

Ilustrasi Kawah Gunung Lokon menyemburkan asap putih(FOTO ANTARA/Basrul Haq )

Manado (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG Bandung akan mengevaluasi pergerakan vulkanik Gunung Lokon di Sulawesi Utara selama satu bulan.

"Evaluasi ini penting untuk melihat trennya apakah statusnya akan turunkan ke waspada level II atau tidak. Hingga kini statusnya masih siaga level II," ujar Kepala Bidang Mitigasi dan Gerakan Tanah, PVMBG Bandung, Gede Swantika, di Tomohon, Kamis.

Ada indikator yang akan dilihat untuk menentukan status gunung akan diturunkan. Di antaranya, menurut Gede ,frekuensi gempa vulkanik.

"Semakin sedikit gempa vulkanik yang terekam mengindikasikan semakin menurun aktivitasnya. Bila seharian semakin banyak gempa vulkanis maka potensi terjadi letusan sangat besar," jelasnya.

Hal lainnya adalah tremor. Semakin kecil amplitudo tremor yang terekam, semakin menurun pula aktivitasnya.

"Mudah-mudahan tremor yang masih terekam adalah tremor menuju normal lagi. Kita akan lihat lagi. Kita akan evaluasi lagi selama sebulan. Kalau memang setelah dievaluasi sudah persis menurun, statusnya akan diusulkan untuk diturunkan," tambahnya.

Sementara itu dijelaskan staf Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Warno, aktivitas gunung sementara menurun. Sejak pukul 00.00-06.00 WITA hanya terjadi satu kali gempa vulkanik dalam dan satu kali gempa vulkanik dangkal. Tremor yang terekam 0,5-19 milimeter, dominan 5 milimeter.

Enam jam berikutnya, pukul 06.00-12.00 WITA, kegempaan yang terekam adalah satu kali gempa vulkanik dalam, dua kali gempa hembusan dan satu kali gempa tektonik jauh. Tremor yang terekam 0,5-20 milimeter. Dominan 4 milimeter.

"Tremor memang terus berfluktuatif. Kadang naik, kadang juga turun. Aktivitas gunung memang masih di atas normal," tambah Warno.

Gunung Lokon kembali meletus Minggu (28/8) pukul 07.51 WITA. Hingga Senin (29/8) aktivitasnya mulai menurun dengan frekuensi kegempaan yang semakin sedikit.

(ANT-305/Y006) Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

DPR tak lagi persoalan pemberian gelar kepada Raja Arab  Parlemen diharapkan tidak lagi mempersoalkan pemberian gelar Honoris Causa oleh Rektor Universitas Indonesia ...

Surya Paloh akan segera putuskan sikapnyaKetua Umum Ormas Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh akan menentukan sikapnya apakah tetap berada di Golkar atau di ...

Banyak keluarga bergantung pada TKIKepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat, menyatakan ...


Ciptakan kerja Part time di rumahkisah sukses clickbank

belajar affiliate marketing di www.rahasiasuksesclickbank.com

» Link to this page:

» Link to Home Page:

0 Responses: Status Gunung Lokon dievaluasi sebulan

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.