Bagaimana Sukses Sampai menghasilkan Dollar ! Akan Saya Bocorkan Untuk Anda Sekarang !

ADSENSE link unit (728 X 15px) SPACE

Bagaimana Sukses Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sebagai Affiliate Marketer Dari Clickbank Dengan Benar Klik Disini

Rabu, 14 September 2011

"Rumah Bolon" TB Silalahi terbakar disambar petir

Toba Samosir, Sumut (ANTARA News) - Bangunan "rumah bolon" di kompleks TB Silalahi Center desa Pagarbatu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, musnah terbakar akibat disambar petir, Sabtu (3/9) sekitar pukul 17.35 WIB.

"Petir menyambar replika rumah tradisional Batak berbiaya sekitar Rp1,5 milliar tersebut merembet dengan sangat cepat mengakibatkan seluruh bangunan ludes menjadi abu," kata staf hubungan masyarakat TB Silalahi Center Fazar Syaifuhdin di Balige, Minggu.

Ia mengatakan, api cepat berkobar menyambar atap ijuk rumah bolon dan menyulut bahan bangunan dari kayu yang sangat mudah terbakar, ditambah hembusan angin kencang mengakibatkan api sulit dipadamkan hingga bangunan itu rata dengan tanah.

Setelah itu api dapat dipadamkan berkat bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten Toba Samosir ditambah mobil pemadam milik PT.TPL.

Disebutkannya, rumah bolon yang terbakar bukan merupakan situs atau artefak, tapi hanya replika rumah tradisional Batak yang mengikuti pakem-pakem arsitektur otentik dalam pembangunannya, yakni tanpa menggunakan paku sebagai penyambung dan dilengkapi gorga serta beratapkan ijuk.

"Untunglah petugas dari Polsek Balige dan anggota Batalion 125 Simbisa cepat datang membantu petugas pemadam kebakaran, hingga api tidak menjalar ke bangunan lainnya," katanya.

Padahal, lanjut dia, instalasi antipetir yang mampu mengcover hingga radius 100 meter telah dipasang di gedung museum Batak, namun ternyata kekuatan alam tidak bisa diprediksi.

"Kita bersyukur, api tidak sempat merembes ke sejumlah fasilitas perkampungan Batak yang ada di kompleks TB Silalahi Center tersebut," ujarnya.

Rumah bolon di perkampungan Batak kompleks museum Batak TB Silalahi terletak sekitar tiga kilometer dari kota Balige, ibu kota kabupten Toba Samosir, jaraknya berkisar 250 kilometer dari Medan, ibu kota provinsi Sumatera Utara.

Pada awalnya, menurut Fazar, bangunan itu difungsikan sebagai museum, namun semua koleksi artefak Batak bernilai tinggi yang ada di dalam, sebelumnya sudah dipindahkan ke museum Batak yang diresmikan Presiden SBY tanggal 18 Januari 2011 lalu.

"Musibah tersebut hanya menimbulkan kerugian material dan pengganti rumah bolon yang terbakar akan segera dibangun," katanya. (ANT-219/Z002/K004) Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Batasi penjualan Dextro, rawan disalahgunakanPemilik apotek di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, agar membatasi penjualan obat-obatan dosis tinggi untuk sesak ...

Banyak keluarga bergantung pada TKIKepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat, menyatakan ...

Rumah Bung Karno dipadati pengunjungRumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu, dipadati ribuan pengunjung yang ingin melihat ...


Ciptakan kerja Part time di rumahkisah sukses clickbank

belajar affiliate marketing di www.rahasiasuksesclickbank.com

» Link to this page:

» Link to Home Page:

0 Responses: "Rumah Bolon" TB Silalahi terbakar disambar petir

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.