Bagaimana Sukses Sampai menghasilkan Dollar ! Akan Saya Bocorkan Untuk Anda Sekarang !

ADSENSE link unit (728 X 15px) SPACE

Bagaimana Sukses Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sebagai Affiliate Marketer Dari Clickbank Dengan Benar Klik Disini

Rabu, 31 Agustus 2011

Mengenal Minyak Asiri

Posted on 30 August 2011.

Mengenal Minyak Asiri

Minyak Asiri

Minyak asiri atau minyak menguap memiliki bau khas yang berasal dari tanaman, mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami penguraian. Minyak asiri sering dikenal dengan nama volatile oil, etherial oil, atau essential oil. Dalam farmakope Indonesia dikenal dengan nama Olea volatilia.

Umumnya, minyak asiri dalam keadaan segar tidak berwarna atau berwarna pucat. Jika dibiarkan akan berwarna lebih gelap, serta rasa dan baunya khas sesuai dengan bau tanaman penghasilnya. Umumnya, minyak asiri larut dalam pelarut organik dan sukar larut dalam air. Karena sifatnya yang mudah menguap dan mengandung unsur pokok yang kuat, semestinya minyak asiri diperlakukan dengan penuh perhatian dan biasanya dipakai dalam jumlah sangat sedikit.

Minyak asiri murni mempunyai tingkat kekentalan yang sangat tinggi dan aromanya sangat menyengat, bahkan dianjurkan untuk tidak menciumnya langsung, karena dapat menimbulkan sakit kepala. Jika ingin mencium aromanya, cukup dikipas-kipaskan dari jarak Di dalam tumbuhan, minyak asiri umumnya terdapat dalam sel-sel kelenjar minyak khusus. Kelenjar-kelenjar ini berupa sel-sel minyak atau rambut kelenjar yang hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Namun baunya bisa dikenali melalui indra penciuman tanpa pertolongan alat khusus.

Sifat dan peranan minyak asid dalam tumbuhan mirip dengan hormon dalam tubuh manusia. Hormon manusia ada yang bersifat memberikan aroma spesifik pada tubuh dan berfungsi sebagai daya tank seksual. Hormon ini disebut feromon. Sementara itu, fungsi minyak asiri terhadap tumbuhannya sendiri bermacam-macam, bisa sebagai penarik serangga (untuk tujuan penyerbukan), pengusir hewan yang akan merusak (fungsi pertahanan diri), dan pemberi sinyal tertentu terhadap makhluk lain di sekitarnya bahwa tanaman tersebut sudah siap dipanen.

Memilih minyak asiri yang sesuai tidak sekadar melihat fisiknya, tetapi harus bisa memenuhi kebutuhan mental maupun emosi. Hal ini sangat penting, karena aroma minyak asiri yang tidak mampu mempengaruhi kita cenderung tidak dapat meningkatkan efek perasaan maupun suasana hati.

Pembuatan Minyak Asiri
Untuk memperoleh minyak asiri dengan basil yang baik, dianjurkan mempergunakan simplisia yang memenuhi persyaratan yang tertera dalam buku Fannakope Indonesia, Ekstra Fannakope Indonesia, atau Alateria Medika Indonesia. Secara umum, simplisia harus memenuhi persyaratan kadar air yang pas, tidak ditumbuhi jamur, tidak mengandung lendir, tidak berubah warna atau bau, serta tidak berserangga atau termakan serangga.

Sebelum proses pembuatan minyak asiri, sebaiknya ukuran simplisia diperkecil dengan cara dipotong-potong, digiling kasar, atau digerus halus, tergantung pada simplisia yang digunakan. Tujuan memperkecil ukuran simplisia adalah untuk mempermudah penembusan uap air ke dalam sel. Daun, bunga, dan simplisia yang tipis biasanya dalam keadaan utuh. Kayu, akar, dan bagian tanaman yang keras harus digerus terlebih dahulu, sedangkan biji harus digiling kasar. Tanaman tertentu, seperti nilam, harus difermentasikan terlebih dahulu supaya sel-sel minyaknya pecah.

Berdasarkan sifat fisik dan kimia, minyak asiri dapat dibuat dengan cara penyulingan, ekstraksi dengan pelarut mudah menguap, pembuatan dengan lemak padat, dan ekspresi.

Penyulingan

Penyulingan dengan Air
Simplisia yang telah dipotong-potong, digiling kasar atau digerus halus dan dididihkan dengan air. Uap air dialirkan melalui pendingin dan hasil sulingan berupa minyak yang belum murni ditampung dalam wadah. Simplisia adalah bahan alamiah yang dipergunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apa pun.

Minyak Asiri

Penyulingan dengan Air dan Uap
Cara ini sudah banyak dilakukan secara kecil-kecilan sebagai home industry karena peralatan yang digunakan mudah didapat dan hasil yang diperoleh cukup baik. Alat yang digunakan semacam dandang. Simplisia diletakkan diatas bagian yang berlubang, sedangkan air di lapisan bawah. Uap air dialirkan melalui pendingin dan hasil sulingannya ditampung dalam wadah. Minyak yang diperoleh belum murni.

Minyak Asiri

Penyulingan dengan Uap
Cara ini digunakan untuk membuat minyak asiri dari biji, akar, atau kayu yang umumnya mengandung komponen minyak yang bertitik didih tinggi. Peralatan yang dipakai tidak berbeda dengan penyulingan yang menggunakan air dan uap, hanya memerlukan alat tambahan untuk memeriksa suhu dan tekanan.

Contohnya, minyak cendana yang dapat diperoleh dari basil penyulingan uap air dari kayu bagian tengah (kayu teras atau hati kayu) yang telah tua. Cara pembuatan minyak ini, kayu yang telah dirajang atau diserut, dikukus dalam dandang. Uap air yang bercampur dengan uap minyak yang naik ke atas diterima oleh pendingin dan di dinginkan sehingga mengembun bersama. Selanjutnya air yang bercampur minyak ditampung dalam wadah. Setelah proses penyulingan selesai, minyak cendana dipisahkan dari air. Rendemen minyak asiri paling banyak diperoleh dari pohon yang telah berumur tua, sekitar 20-30 tahun.

Minyak Asiri

Cara penyulingan mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut.
1.    Tidak baik terhadap beberapa jenis minyak yang mengalami kerusakan karena adanya panas dan air.
2.    Minyak asiri yang mengandung fraksi ester akan terhidrolisasi karena adanya air dan panas.
3.    Komponen minyak yang larut dalam air tidak dapat tersuling.
4.    Komponen minyak yang bertitik didih tinggi yang menentukan bau wangi dan mempunyai daya ikat terhadap bau, sebagian tidak ikut tersuling dan tetap tertinggal dalam bahan.

Minyak cinta: terapi aroma peningkat gairah seksual Oleh Herti Maryani

GEJALA UMUM KANKER PARU-PARU
Gejala umum kanker paru-paru tidak terlalu kentara sehingga kebanyakan penderita kanker paru-paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. Kasus-kasus stadium dini sering ditemuka...KULIT WAJAH BERBEDA DENGAN KULIT TUBUH BAGIAN LAIN
Kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh manusia bagian lain, karena pada kulit wajah terdapat lebih banyak kelenjar lemak (kelenjar sebasea) yang menghasilkan asam lemak bernama "sebum". Selain kelenja...Obat Herbal : Pengenalannya
Tidak sedikit orang yang membuktikan khasiat obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, tidak sedikit pula pasien yang tidak sembuh dari penyakitnya setelah menggunakan obat herbal...Foto Yang Membuat Anda Pusing
Jika anda memiliki penyakit sakit kepala disarankan untuk tidak melihat foto-foto ini, karena akan membuat kepala anda terasa pusing. Foto-foto ini adalah hasil editing fotoshop....Keadaan Setelah Melahirkan
Anda akan mengalami perubahan emosi dan penampilan setelah melahirkan. Perubahan suasana hati, mengidam, rasa sakit pasca melahirkan,rasa sakit pada payudara, dan sakit kepala adalah permasalahan yang...
Artikel Yang Berhubungan Download Disini

belajar affiliate marketing di www.rahasiasuksesclickbank.com

» Link to this page:

» Link to Home Page:

0 Responses: Mengenal Minyak Asiri

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.