Bagaimana Sukses Sampai menghasilkan Dollar ! Akan Saya Bocorkan Untuk Anda Sekarang !

ADSENSE link unit (728 X 15px) SPACE

Bagaimana Sukses Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sebagai Affiliate Marketer Dari Clickbank Dengan Benar Klik Disini

Kamis, 18 Agustus 2011

MAKAN DAN MINUM : ADAB DALAM ISLAM

Posted on 15 August 2011.

MAKAN DAN MINUM : ADAB DALAM ISLAM

ADAB SAAT MAKAN DAN MINUM

Dalam sebuah hadis diriwayatkan, bahwa ketika Rasulullah saw melihat salah seorang cucunya mengambil makanan dengan tangan kirinya, beliau memberikan nasihat, “Makanlah dengan menyebut nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang paling dekat darimu.” (HR Bukhari Muslim).

Ajaran Islam adalah ajaran yang mulia dan sempurna. Tidak hanya urusan bernegara dan berpolitik yang norma dan akhlaknya telah ditetapkan oleh Islam, tetapi juga soal mengonsumsi makanan dan minuman. Ini membuktikan, bahwa kualitas spiritual seorang Muslim tidak hanya dinilai dari semangatnya dalam memperjuangkan politik yang bersih dan beradab, tetapi juga dinilai dari kesempurnaan akhlaknya dalam mengonsumsi makanan dan minuman.

Paling tidak, ada tiga poin penting berkenaan dengan akhlak mengonsumsi makanan dan minuman.

Pertama, berdoa dengan menyebut nama Allah ketika hendak memulai makan dan minum. Ini mengandung pengertian, bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia sesungguhnya adalah karunia Allah yang harus disyukuri. Ketika nama Allah disebut oleh orang yang hendak makan dan minum, berarti ia mengharap berkah dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Kedua, menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. Dalam Islam, kanan adalah simbol kebajikan yang mengandung nilai terpuji. Karena itu, Rasulullah saw senantiasa membiasakan yang kanan (al-tayainun) dalam setiap aktivitas kesehariannya, baik yang berhubungan dengan ibadah maupun akhlak. Secara kontekstual, pembiasaan tangan kanan dalam makan dan minum ini dapat dimaknai pula sebagai perintah untuk selalu mendapatkan makanan dan minuman dengan cara yang baik dan terpuii.

Makanan dan minuman harus mengandung kehalalan sempurna. Rasulullah saw bersabda, “Daging apa saja dalam tubuh manusia yang tumbuh dari makanan yang tidak halal, maka neraka lebih pantas baginya.”

Ketiga, mengutamakan makanan atau minuman yang paling dekat. Adalah sangat indah dan santun ketika seorang Muslim lebih mengutamakan makanan yang paling mudah diraihnya daripada yang jauh dan sulit diraihnya walaupun lebih lezat dan menarik. Akhlak ini sesungguhnya mengandung esensi, bahwa setiap Muslim dilarang bersikap tamak dan serakah sehingga selalu mengharap sesuatu yang tidak dimilikinya.

Setiap Muslim diperintahkan untuk selalu menghiasi dirinya dengan sifat qana’ah, yaitu menerima dan merasa cukup sekaligus mensyukuri apa yang dimilikinya sebagai nikmat dari Allah. Rasulullah saw bersabda, “Bukanlah kekayaan itu dengan melimpahnya harta dan Benda, melainkan adalah kekayaan jiwa.” (HR Abu Ya’la). ( Muhammad Irfan Helmy )

Seratus cerita tentang akhlak Oleh Penerbit Republika

Foto/Gambar
pastijasin.blogspot

Larangan Bertato, Mencabut Bulu Wajah dan Pangur Gigi
Al-Falj (pangur gigi) yaitu menjauhkan jarak antara gigi atas dengan gigi bawah. Biasanya dilakukan oleh orang tua yang usianya sudah lanjut, dilakukan untuk bisa tetap awet muda serta memperindah gig...DUA PERISTIWA PENGACAUAN TERHADAP NABI MUHAMMAD SAW.
setelah Nabi saw. menyelesaikan urusan harta rampasan perang sebagaimana tersebut dalam pembahasan terdahulu, ketika itu ada seorang laki-laki dari golongan munafikin yang berkata kurang baik terhadap...PERINGATAN NABI MUHAMMAD SAW KEPADA KAUM ANSHAR
Setelah perkataan-perkataan yang demikian itu didengar oleh Sa'ad bin Ubadah, kepala golongan Anshar, olehnya diperhatikan benar-benar. Setelah itu, ia berpendapat bahwa desas-desus atau perasaan-pera...ISLAM SEBAGAI AGAMA YANG LENGKAP DAN UNIVERSAL
Manusia adalah khalifah di muka bumi. Islam memandang bahwa bumi dengan segala isinya merupakan amanah Allah kepada sang khalifah agar dipergunakan sebaik-baiknya bagi kesejahteraan bersama....Kamus Tapsir Mimpi ( Lanjutan selesai )
56. Perkawinan: melambangkan bersatunya dua pihak, pendapat, dan prinsip dalam suatu kesepakatan.57. Perkosaan: secara harfiah berisi pertunjuk agar menghindari orang-orang yang gemar memaksakan k...
Artikel Yang Berhubungan Download Disini

belajar affiliate marketing di www.rahasiasuksesclickbank.com

» Link to this page:

» Link to Home Page:

0 Responses: MAKAN DAN MINUM : ADAB DALAM ISLAM

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.